Jadi Orang Jujur itu Susah Cuk!


Jadi orang jujur itu susah cuk! Asli! Dijamin 100%! Pengalaman ini saya dapat setelah sekian hari bekerja bersama penegak hukum untuk mengungkap kasus penipuan berkedok investasi yang menggunakan internet sebagai media penyebarannya dengan korban mencapai 6500 orang dan nilai dana sekitar 7M.

Dari awal salah seorang dari mereka telah memberikan sedikit masukan kepada saya agar tidak kecewa terhadap kerja keras kami untuk mengungkap kasus tersebut.

Dari malam ke malam saya mengorbankan jadwal tidur yang sedianya kacau menjadi lebih kacau lagi hanya untuk satu kata “Benang Merah”. Akhirnya memang benang merah tersebut dapat ditarik dari ratusan tabel database, log, dan data – data pendukung lain.

Data awal yang saya dapat mengarah pada seorang karyawan yang bekerja pada salah satu kompetitor kami. Akhirnya saya mengajak salah satu bos kompetitor tersebut untuk bicara tentang kemungkinan adanya karyawan mereka terlibat sebagai web programmer  yang membidani website penipuan tersebut. Dari data – data yang ada kami sepakat bahwa memang seorang karyawan mereka terlibat dan menjadi salah satu tersangka kunci untuk membeberkan tersangka lain yang bertindak sebagai dalang penipuan tersebut.

Hari Jumat 9 Nov 2007, si karyawan tersebut diperiksa (mungkin di interogasi). Dari hasil pemeriksaan didapatlah satu nama lagi yang menjadi dalang.
Hari Sabtu 10 Nov 2007, si dalang ditangkap dan mengakui perbuatannya.

Sabtu malam saya menerima telepon dari pihak penegak hukum untuk menghapus seluruh bukti yang ada pada saya. Saya merasa sedikit aneh dengan perintah tersebut, satu – satunya kemungkinan yang terlintas adalah bahwa penegak hukum telah memiliki deal khusus dengan tersangka (mengingat besarnya dana dan belum ter-eksposenya kasus ini kepada publik).

Saat itu saya menolak keras untuk menghapus bukti – bukti yang ada karena jika kasus ini meledak dan terekspose secara luas – saya tidak lagi punya bukti yang mampu memberangus pelaku. Dan ini bisa menyeret saya dengan dalih “keikutsertaan” dalam kasus penipuan tersebut.

Malam hingga minggu siang hari telepon terus berdering dan semua mengajak saya untuk bisa mengikuti cara bertindak para penegak hukum tersebut yakni dengan menghapus bukti – bukti yang ada. Dan sampai saat ini saya tidak memberikan jawaban ya atau tidak. Walhasil keesokan hari ini saya akan dipanggil menghadap. Entah untuk sekedar berkenalan dengan the big boss para penegak hukum tersebut, bernegosiasi (haram jadah),  atau malah akan ada eskalasi lain yang berimplikasi negatif terhadap saya dan usaha saya.

Bobroknya penegakan hukum negara ini! Saya jadi jijik hidup di negara ini!

Ya Tuhan,
Pantas jika Engkau melaknat bangsa ini
Pantas jika Engkau turunkan bencana yang menderitakan
Bangsa ini penuh dengan tangan – tangan kekuasaan yang berlumur darah
Saling menyembelih demi sesuap nasi
Saling memfitnah demi sebuah kursi

About piyecarane

Bla bla bla about me
This entry was posted in Personal, The Office. Bookmark the permalink.

6 Responses to Jadi Orang Jujur itu Susah Cuk!

  1. agung says:

    mencoba lari dari sarang buaya, malah masuk ke perangkap harimau ?

    paling ngga udah nyoba mas. just keep the log, at least for us..

  2. funkshit says:

    jadi,, kenapa harus mencari bukti2 yang rumit itu klo ternyata bukti itu untuk dilenyapkan

  3. Broer says:

    Om, gmana kalu kita nyalonin diri jadi presiden ? masih 2 tahun lagi — kita galang massa dari content sekalian kampanye terselubung. :)) Kalu dah jadi presiden kita malaknya yang lebih banyakan dari yang sekarang — Play the Game !

    Rekans di Jarpol ternyata business minded ya, tau cara beli saham murah | masih ada kesempatan ajukan penawaran untuk komisi pak ya 30% dari jarahan nanti disucikan dengan bayar zakat 2,5% sama beli kurban mumpung lebaran haji sebentar lagi …. 😀

  4. piyecarane says:

    Bagusnya pake metode Polphot saja 😛
    Rezim gila dihapus sama sekali dan diganti dengan rezim yang lebih gila

  5. adit says:

    funkshiy says:
    jadi,, kenapa harus mencari bukti2 yang rumit itu klo ternyata bukti itu untuk dilenyapkan

    buktinya kan buat bikin bisnisan baru lagi, bener gak tuh? 😀

  6. ayik says:

    hehe pak… yes pokoke yoooooo 😀

Leave a Reply

